Jepang, Travel

Trip from Ube to Kyoto & Osaka (Winter Vacation) part 1

 

Ube-shi, 2 -5 Januari 2018

Lama ga nulis disini lagi ^^.. Maafkan yah blog haha…

Trip ke Kyoto – Osaka ini kita pake Juhachikippu atau The Seishun 18. Jadi dengan beli 18 kippu ini kita bisa gunakan untuk pergi dengan menggunakan kereta JR selama 5 hari atau pergi 1 hari untuk 5 orang. Intinya 1 slot untuk satu orang per hari. Harga per lembar untuk 5 slot ini 11,850 yen jadi kalau dibagi 5 orang harganya jadi 2370 per orang untuk dipakai sampai kereta terakhir jam 12 malam. Bisa langsung dibeli di stasiun tapi tiket ini hanya dijual di bulan tertentu. Yang ini kami beli 19 Desember 2017 buat dipakai diawal Januari 2018 untuk liburan musim dingin.

Perjalanan ke Osaka ini kami pergi berempat, saya, suami, mbak Vita (teman mahasiswa disini juga), dan Baby K tentunya. Untuk infant, tiket kereta masih belum perlu bayar, jadi yang menggunakan ini hanya dewasa 3 orang. Karena kami rencananya pergi 4 hari termasuk perjalanan, jadi kami hanya menggunakan tiket ini untuk pergi dan pulangnya saja. Kereta lokal selama perjalanan di Kyoto – Osaka dibeli terpisah. Untuk itu, jadinya kita butuh dua lembar tiket 18 kippu karena PP udah pake 6 slot. Nanti ada sisa 4 slot, dipake kemana yah kemaren? Lupa haha… rasanya dipakai ke kota Hiroshima bareng mbak Vita dan Tia untuk one day trip. Next post yah yang part Hiroshima ini, soalnya rada mengecewakan karena kita perginya tgl 30 Desember, yang mana ternyata berbeda dengan di Indonesia, tempat wisatanya tutup semua kalau libur tahun baru. šŸ˜”

20180806_210737
Tiket Juhachikippu kemaren yang sudah kepakai semua.

Untuk penginapannya, saya cari di air bnb, nanti saya review di post terpisah yah. Harganya berapa juga lupa, nanti dicek lagi. Milih penginapan yang lumayan dekat dengan statiun JR, biar gampang mobilisasinya.

Trip ini kita berangkat pagi sesuai jam kereta di hyperdia dan tibanya sekitar jam 7 malam di Kyoto. Hyperdia itu website di mana kita bisa nyari informasi mengenai jadwal kereta di Jepang. Total perjalanan kalau pakai kereta sekitar 7-8 jam. Dari kota Ube, naik kereta sampai Shin-yamaguchi. Terus masih harus ganti kereta yang menuju Osaka. Sekitar 2-3 kali ganti keretanya, nah di hyperdia ini nanti bisa dilihat, harus ganti di mana dan jam berangkat selanjutnya juga bisa kita sesuaikan dengan jadwal kereta selanjutnya. Kadang waktu untuk pergantian kereta hanya sekitar 3-5 menit dan itu pun kita harus nyebrang ke peron sebelahnya. Lumayan merepotkan kalau banyak tentengan, karena harus cepat-cepat pindah ke kereta selanjutnya. Jadi kalau waktunya mepet sekali, terpaksa si bocah dan keretanya langsung digendong sekaligus naik tangga untuk menyebrang ke peron sebelahnya šŸ˜. Tentu saja yang gendong ayahnya, hehe..

20180102_074737.jpg
Kereta dari Ube jam 7 an pagi.Ā 

 

Langsung ke stasiun Kyoto karena janjian dengan teman yang lagi kuliah S3 di Kyoto. Temen ini dulu temen kuliah S1, terakhir ketemu rasanya sekitar tahun 2015. Udah lama banget ya. Makanya hepi banget bisa ketemu dia, kebetulan dia bawa anak perempuannya, namanya Z. Z dan K sudah langsung cocok walaupun lebih tua Z 3 tahun. Mainan mereka sama-sama mainan kereta shinkansen soalnya.

Setelah itu kita langsung diajak makan di Ayam ya Kyoto. Kesampean deh makan ramen halal šŸ˜. Dari stasiun kyoto, kita jalan kaki ke restoran ayam-ya nya. Lumayan sih jauhnya ada sekitar 20-30 menit. Tapi sebelum itu sempat foto dulu dengan backgrond Kyoto tower hehe..

Pesen makan di restoran ayam ya ini pakai mesin kaya vending machine kecil gitu. Ntar kita pilih mau menu yang mana dan porsi besar atau kecil, terus masukin uang kedalamnya. Nanti akan keluar semacam struk, yang kita berikan ke pelayan tokonya. Pelayan tokonya ternyata orang Indonesia juga dan udah kenal si temen ini. Yang datang di sana juga kebanyakan orang Indonesia kok. Foto-foto makanannya ntar saya cari dulu ya, sudah lama banget soalnya. Lumayan lama disini, makan sambil ngobrol. Rasa masakannya pun enak dan porsinya sangat mengenyangkan. Kalau tidak salah porsi besarnya sekitar 950 yen. Terus pesan ayam kariage juga yang rasanya juga enak. Kalo ayam kariagenya sekitar 500 an yen, saya lupa. Kalau di tempat makan begini biasanya minumnya cuma air putih saja. Mereka menyediakan teko air besar kok.

20180102_205602
Ramen halal di ayam ya Kyoto, ini porsi besar

 

Dari restoran ayam ya, kita jalan kaki lagi. Padahal udah setengah 10 an, tapi di sekitar Kyoto tower yang sebrangnya stasiun Kyoto masih ramai. Kita berpisah dengan si teman, soalnya dia balik ke apatonya pakai bus, sementara kita harus ke apato yang dekat stasiun Osaka.

………………………

Lanjutannya nanti lagi yah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s